Short Trip Ke Tigaras Simarjarunjung

Liburan Idul Fitri kemarin saya memutuskan untuk berjalan-jalan short-trip masih disekitar Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Itung-itung sudah lama saya tidak menikmati pemandangan khas penatapan Dolok Simarjarunjung, & sekedar untuk menikmati sejuknya air danau Toba di Tigaras. Terakhir saya ke Simarjarunjung sekitar bulan Mei 2011. Oke kita lanjut..   Saya  berangkat dari kediaman saya di Pematang Siantar sekitar pukul 11.00 WIB. Cuaca cukup mendukung saat itu, matahari bersinar dengan cerah nya. Terlalu cerah malah, hingga membuat kulit saya kering jadi buat brother bikers yang mau kesini disarankan memakai jaket  yaa.  Oh iya, satu lagi. Sebelum berangkat baiknya persiapkan Hal yang penting dalam perjalanan Dari pengalaman saya beberapa kali kesini, cuaca sering kali berubah ubah tanpa disadari, sebentar hujan-sebentar panas.  Hmmm, efek pemanasan global sudah sangat terasa. So Keep Green Brother. 😀

Setelah mengisi bahan bakar di SPBU Simpang 2 (full tank pastinya :D),  anda akan melewati beberapa perkampungan kecil seperti Panei tonga, dan Kota Sidamanik yang terkenal dengan Kebun Teh nya. Saya memutuskan mengambil beberapa foto dari Kota “Teh” ini.  Tidak lengkap rasa nya melewati sidamanik jika belum berfoto disini.

Yanray @ Kebun Teh Sidamanik

Setelah melewati jalan yang membelah kebun teh di Sidamanik, saya pun kembali “bejek”  gas ketujuan utama. Namun dikarenakan saya sangat menyukai memandang lukisan Tuhan. Saya belokkan setir ke jalanan menanjak menuju ke bukit Simarjarunjung, untuk terlebih dahulu menikmati indah nya lukisan Tuhan dari sini. Seperti yang saya katakan tadi Perjalan dari simpang 4 Tigaras ke Dolok Simarjarunjung adalah medan menanjak dan banyak dilengkapi tikungan-tikungan yang curam. Melihat jalanan yang menikung, saya jadi teringat sama film kartun Initial-D, Bisa ga ya Takumi menaklukkan jalanan downhill di Dolok Simarjarunjung ini? Halaahhh… 😀 Kembali lagi ke tulisan nya. Oleh karena itu, bagi yang ingin datang ke sini, disarankan untuk mengendarai kendaraan yang sedang dala kondisi prima. Ya iya lah, kalau kendaraan nya “ngambek” (mogok), kan ga kebayang ndorong di sepanjang tanjakan. 🙂

Perlu kita ketahui bahwa Dolok Simarjarunjung adalah sebuah bukit yang merupakan bagian dari gugusan gugusan perbukitan Bukit Barisan, yang membentang disepanjang Pulau Sumatera.

Penatapan Simarjarunjung

Disaat saya tiba dipuncak dari Simarjarunjung. saya mendapati beberapa orang yang sedang menangkap indah nya panorama disini dengan Camera SLR nya, jadi minder mengingat saya menjepret hanya dengan kamera Hp butut 😦 .

Stasiun TVRI di Simarjarunjung dari kejauhan

Oh iya, selain terkenal dengan indah panoramanya, di Simarjarunjung juga terkenal karena ada nya Stasiun Transmisi  milik  televisi pemerintah (TVRI) yang berada di puncak bukit ini (gambar diambil dari warung Lae Silalahi). Bagi yang ingin berlama-lama dan belum puas menikmati indah nya panorama, disini juga tersedia Hotel untuk tempat menginap.

Setelah puas menatap pemandangan di Puncak Simarjarunjung, saya memutuskan untuk turun ke pantai di Tigaras.  Setengah perjalanan menuju pantai saya kembali memutuskan untuk singgah di Tugu Monumen  Perjuangan Rakyat. Saya sempat mengambil beberapa foto disisini. 🙂

Tugu monumen perjuangan rakyat di Tigaras

Setelah mengambil beberapa foto, saya lanjutkan untuk ke pantai, orang sekitar sini menyebut pantai ini dengan nama Pantai Garoga.

Dengan ombak yang tidak begitu besar cocok untuk anda yang ingin membawa keluarga, tetapi harus berhati-hati pula, dikarenakan dasar dari sebagian besar sisi pantai ini adalah bebatuan.

Sebenarnya masih banyak yang harus diperbaiki dari objek wisata ini.Selain sarana akses jalan yang terbilang buruk. Prasarana penunjang belum tertata demikian rapi. But overall, tempat ini sih recommended jika tempat liburan utama seperti Parapat membludak.