Harimonting

Harimonting 1

Harimonting 1

Apakah para pembaca sebelum nya pernah mendengar nama buah yang satu ini?, saya rasa masih banyak orang yang masih belum mengetahui keberadaan nya. Buah yang mempunyai nama asli Rhodomyrtus tomentosa saya lihat dan cicipi di pertama kali di Balige, sewaktu saya masih SD dulu. Buah ini biasanya tumbuh liar di lereng perbukitan disana.

Harimonting2

Harimonting2

Saya sendiri dulu biasanya memakan buah ini disaat Ziarah ke makam Kakek saya didaerah perbukitan dekat Sibodiala di Balige, biasanya jika berziarah kesana saya bukan membantu membersihkan makam, malah pergi berkeliaran diantara semak-belukar untuk mencari buah yang satu ini, hehehhe…

Harimonting3

Harimonting3

Dari bentuknya, mirip dengan buah Blueberry yag tumbuh diluar negeri. Rasanya pun hampir mirip, asam-manis, jika sudah matang buahnya berwarna merah kebiru-biruan, jika masih mentah berwarna hijau. Sedangkan pohon nya biasanya tumbuh tidak lebih dari satu meteran. Bunganya berwara merah muda dan serbuk sari berwarna kuning.

Harimonting4

Harimonting4

Berbeda dengan bentuknya yang mirip, blueberry berasal dari genus Vaccinum. Jelasnya mereka berdua hanya mirip. Tidak ada hubungan sama sekali antara mereka berdua. Harimonting berasal dari famili jambu-jambuan. Entah bagaimana mereka berdua begitu mirip dan rasanya sama.

Harimonting5

Harimonting5

Biasanya, harimonting juga dikonsumsi oleh anak anak. Selain itu, harimonting juga digunakan sebagai bahan pewarna ulos (kain tradisional Batak). Namun untuk wilayah lain saya tidak pernah mendengar kemungkinan ada atau tidaknya buah yang satu ini, apakah ada pembaca dari daerah lain yang juga mengetahui keberadaan buah ini? Mari bersama berbagi disini…

Terima kasih.

5 comments on “Harimonting

  1. Haramonting mengingatkan saya ke masa kecil ketka masih tinggal di kampung. Kampung saya berada di lereng bukit barisan sekitar 8 km ke arah timur kota Parapat. Setiap kali menggembalakan kerbau di lajangan [padang rumput] haramonting menjadi buah yang sering dimakan, karena tumbuhan ini tumbuh secara liar di sekitar padang rumput. Buah yang belum matang berwarna hijau dan rasanya agak asam,sedangkan buah yang telah matang berwarna ungu dan rasanya manis dan enak dimakan.

    Ada 2 hal yang sering menjadi masalah bagi saya berkaitan dengan buah ini.
    1. Rasanya yang enak dan tidak bikin kenyang sering membuat lupa kalau sudah memakan banyak, akibatnya besok paginya akan susah buang air besar, karena kotoran menjadi keras.
    2. Warna ungu buah ini sering mengotori pakaian dan sangat susah membersihkannya, sehingga sering kena marah orang tua.

    • Betul sekali, karena ukuran nyaa yang kecil, sering kali membuat kita tanpa sadar telah mengkonsumsinya terlalu banyak..
      :D
      8km kearah timur Parapat? Apakah kampung brother di Aek nanauli? dekat dengan bandara, namun saya lupa nama bandaranya apa..

Tinggalkan Balasan

